Ambeien Pasca Melahirkan

Ambeien merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Jika Anda mengalami ambeien saat hamil, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan kondisi ini.

Ambeien atau wasir adalah kondisi ketika pembuluh darah pada area sekitar anus mengalami pembengkakan. Ambeien dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di sekitar anus, mulai dari gatal, panas, hingga nyeri yang hebat.

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Saat hamil, kadar progesteron yang tinggi cenderung membuat pembuluh darah mudah bengkak. Ditambah lagi, ukuran rahim yang semakin membesar bisa menekan pembuluh darah balik (vena) di panggul. Tekanan ini akan menghambat aliran darah dari anus dan membuat darah tertahan pada area tersebut.

Jika ini terjadi, pembuluh darah pada anus dapat membengkak hingga menonjol ke luar anus. Benjolan inilah yang disebut dengan ambeien, wasir, atau hemoroid. Gejala lain yang sering dikeluhkan oleh penderita ambeien adalah darah merah segar yang menetes saat buang air besar (BAB).

Baca Juga: 4 Bahaya Terkena Ambeien di Masa Kehamilan

Ambeien Saat Hamil Bisa Berlanjut hingga Setelah Melahirkan

Pada ibu hamil, risiko terjadinya ambeien paling tinggi pada trimester ketiga, karena adanya tekanan dari rahim yang bertambah besar. Ambeien juga sering kali dipicu oleh proses mengejan saat melahirkan normal. Tekanan yang kuat saat mengejan dapat menyebabkan munculnya ambeien atau membuat ambeien yang sudah ada jadi membesar.

Ambeien saat hamil memerlukan penanganan yang tepat. Meskipun bisa saja sembuh sendiri setelah Anda melahirkan, kondisi ini dapat muncul kembali saat Anda hamil lagi nantinya. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan atau pencegahan agar ambeien tidak kembali.