Apakah ISK Bisa Sembuh Sendiri

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada sistem saluran kemih, mulai dari ginjal, ureter (saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, hingga uretra atau saluran kemih.

Gejala infeksi saluran kemih sangat beragam, di antaranya:

  • Demam
  • Sakit di perut dan panggul
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Kencing terasa tidak tuntas
  • Muncul darah dalam urine

Jika masih ringan, umumnya ISK dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan cara alami, yaitu minum banyak air putih agar buang air kecil (BAK) menjadi semakin sering, sehingga bakteri dapat keluar bersama urine.

Baca Juga: ISK Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Namun pada gejala ISK yang berat, yaitu yang disertai demam, nanah atau darah pada urine, kesulitan mengontrol BAK, sering mengompol, atau nyeri berat pada pinggang atau punggung, antibiotik untuk ISK diperlukan dalam pengobatan.

Selain itu, obat antibiotik juga perlu diberikan pada ISK yang tidak membaik dalam waktu lebih dari 2 hari, dirasakan semakin parah, atau sangat sering kambuh.

Obat-obatan antibiotik untuk ISK sebaiknya diperoleh dan digunakan sesuai resep dokter. Pemakaian antibiotik untuk ISK tanpa pengawasan dokter bisa mengakibatkan Anda mengonsumsi jenis dan dosis antibiotik yang salah. Hal ini berisiko membuat ISK tidak sembuh atau bahkan membuat bakteri penyebab infeksi menjadi kebal terhadap antibiotik.