Manfaat dan Tips Aman Berenang Saat Hamil

Berenang saat hamil sangat baik bagi kebugaran tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Bumil perhatikan sebelum berenang, agar olahraga ini dapat dilakukan dengan aman.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini cukup aman bagi ibu hamil. Berenang memungkinkan tubuh ibu hamil untuk bebas bergerak di dalam air, serta meminimalkan risiko ibu hamil terjatuh dan mencederai janin.

Beragam Manfaat Berenang saat Hamil

Ada banyak manfaat berenang saat hamil yang dapat Bumil peroleh, yaitu:

  1. Melancarkan peredaran darah

Rutin berenang dapat melancarkan sirkulasi darah sekaligus memperkuat jantung. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan oksigen ibu hamil dan janin dalam kandungan akan selalu tercukupi.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan meningkat saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jangan sampai berat badan Bumil naik secara berlebihan, sebab hal tersebut dapat menyebabkan obesitas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa Bumil pilih untuk menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Meringankan nyeri punggung

Sakit punggung merupakan salah satu keluhan yang kerap Bumil rasakan selama kehamilan. Hal ini terjadi karena tulang belakang harus menopang tubuh yang semakin berat karena pertumbuhan janin yang semakin besar.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, Bumil bisa melakukan olahraga renang untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot, serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Berenang secara rutin ternyata bisa membantu Bumil tetap fit saat hamil dan membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak. Selain itu, olahraga yang menyenangkan ini juga dapat membantu Bumil meredakan stres saat hamil.

Agar lebih asyik, Bumil juga bisa mengajak pasangan atau Si Kakak untuk berenang bersama dan menemani Bumil.

  1. Memperkuat otot dan sendi

Berenang saat hamil membuat Bumil lebih aktif bergerak. Hal ini dapat membuat otot dan sendi di tubuh Bumil menjadi lebih kuat. Apabila rutin dilakukan, berenang saat hamil dapat membuat Bumil tidak mudah lelah, mengatasi pegal, hingga mengurangi bengkak-bengkak di kaki dan tangan.

Meski cukup aman dilakukan, Bumil perlu berhenti berenang atau hentikan olahraga lain yang sedang dilakukan, bila Bumil merasa sakit kepala, sesak nafas, kelelahan, nyeri dada, merasakan kontraksi rahim, atau perdarahan dari vagina. Apabila terdapat keluhan tersebut saat berenang, Bumil disarankan untuk beristirahat.

Mengingat kondisi setiap ibu hamil tidak sama, sebaiknya Bumil berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk berenang saat hamil.

Baca Juga: Beragam Manfaat Renang Untuk Kesehatan

Untuk ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran, berisiko melahirkan prematur, mengandung bayi kembar, atau memiliki komplikasi kehamilan, dokter mungkin akan menyarankan pilihan olahraga lain atau menyarankan durasi dan jadwal olahraga yang aman untuk Bumil.